Investasi

5 Cara Memilih Copy Trade Sesuai Kebutuhan

×

5 Cara Memilih Copy Trade Sesuai Kebutuhan

Sebarkan artikel ini
cara memilih copy trade

dalam dunia ekonomi menjadi contoh instrumen yang sedang digandrungi banyak kalangan. Dalam dunia trading, terdapat hal yang disebut dengan copy trade. Sebenarnya bagaimana yang sesuai dengan trader pemula?

Perkembangan instrumen keuangan tersebut tidaklah semata-mata hanya karena dalam dunia ekonomi. Beberapa alasan trading menjadi hal yang populer saat ini adalah mekanisme yang praktis, keuntungan dan kerugian yang tidak dapat diprediksi. Berikut tipsnya!

1. Mengetahui Profil Lengkap

memilih copy trade pertama yang sesuai dan baik adalah dengan mengetahui profil lengkap seorang trader atau investor yang akan diikuti. Dengan kata lain, jangan sampai trader pemula yang tidak gemar membaca, dan berujung merugi. 

Trader pemula haruslah rajin dalam membaca dan menganalisa data-data yang ada didalamnya, dan juga membaca dengan seksama semua informasi yang disediakan. Dengan mengetahui bagaimana latar belakang dan seluk beluk sesuatu, tentu akan lebih dapat dipercaya. 

Sesuai pepatah, tak kenal maka tak sayang. Begitu Pula dalam aspek trading, dimana trader harus mengetahui dan mengenal apa-apa yang harus diketahui. Karena trading tidak hanya memberikan keuntungan yang menggiurkan, tetapi juga resiko yang mematikan.

2. Memeriksa Laporan 

Cara memilih copy trade yang kedua adalah dengan memeriksa laporan. Laporan apa saja yang harus diperiksa, bagaimana caranya? Laporan periode sebelumnya, dan sebulan atau enam bulan terakhir. Dengan cara membaca hasil prospektus keuangan yang dimilikinya.

Biasanya laporan-laporan tersebut sudah disediakan dalam profil atau portofolio yang dimiliki. Oleh karenanya kembali lagi pada cara yang pertama, yakni mengetahui dan mengenal dengan cara membaca. Membaca laporan salah satu yang wajib dilakukan pemula. 

Dengan memeriksa dan membaca laporan keuangan tersebut, dapat memberikan gambaran secara kasar bagaimana hasilnya jika seorang trader pemula meng-copy cara trader tersebut. Selanjutnya dapat diputuskan, akankah meniru cara tersebut atau tidak. 

3. Memastikan Komisi

Cara memilih copy trade yang selanjutnya adalah dengan memastikan komisi yang diberikan. Dalam hal copy trade, para trader pemula maupun tidak ,akan dikenakan komisi sebesar yang telah ditentukan dalam perjanjian. 

Melakukan copy trade tidaklah semata-mata free atau gratis, terdapat komisi yang diberikan oleh pihak master trader. Oleh karenanya, pastikan berapa komisi yang diberikan agar tidak mengakibatkan kerugian di kemudian hari. 

Apabila dirasa komisi yang diberikan terlalu besar, maka trader dapat memilih master trader yang lain. Master trader yang dapat memberikan komisi lebih kecil, dan lebih menguntungkan pada akhir periode trading. 

4. Memilih dengan Fitur Stop-Loss dan Take-Profit

Cara selanjutnya adalah dengan memilih master trader dengan fitur stop-loss dan take profit. Arti dari stop-loss adalah waktu dimana pada saat menurun, trader dapat berhenti untuk mengoperasikan saham yang dimiliki, seperti dengan cara menjualnya.

Maksudnya,agar tidak terjadi kerugian yang terus menerus, maka trader perlu menghentikannya dengan cara menjual surat berharga yang dimiliki. Dengan menjual saham yang turun sesegera mungkin, maka trader tidak akan kehilangan keuntungan yang begitu besar.

Sedangkan take-profit menjadi hal yang sebaliknya dari stop-loss. Pada saat saham yang dimiliki trader meningkat dengan pesat, maka pada waktu tersebut adalah waktu terbaik untuk mendapatkan profit yang besar. 

5. Memastikan Penggunanya

Terakhir adalah dengan memastikan berapa banyak pengguna copy trade tersebut. Seperti bagaimana rating dan para trader lainnya dengan master trade tersebut. Jika penggunanya cukup banyak, trader pemula tidak perlu khawatir.

Akan tetapi jika sebaliknya, seperti penggunanya minim, tidak terlalu terkenal, dan memiliki portofolio yang cukup buruk. Maka para trader pemula sebaiknya tidak memutuskan untuk meniru cara tersebut. 

Cara memilih copy trade yang baik dan sesuai dengan kebutuhan tidaklah serumit yang dipikirkan oleh para pemula. Cukup dengan membaca, memeriksa dengan seksama, dan memastikan beberapa yang harus menjadi perhatian lebih.